• Kxmadagascar
  • Cleventer-Creation™
  • Blog Johanes
Posted by : Kamikaze Prime ™ Minggu, 30 September 2012

Dari 28 finalis New 7 Wonders kategori alam, beberapa kandidat diantaranya adalah hamparan gunung yang terletak di taman nasional terkenal yang terletak di berbagai negara. Gunung-gunung tersebut, bersaing untuk menempati 7 besar calon keajaiban dunia kategori alam berikutnya. Berikut uniknya.com tampilkan profile 5 Gunung di Ajang New 7 Wonders of Nature:

1. Vesuvius (Italia)

Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi aktif di Eropa Daratan yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Pada tahun 79, letusan gunung ini menghancurkan kota Pompeii. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja.

Vesuvius (sumber: blogspot.com)

Gunung Vesuvius telah meletus beberapa kali sejak dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia karena terdapat penduduk sebesar 3.000.000 orang yang tinggal di dekatnya dan kecenderungan mereka tinggal ke arah ledakan letusan.

2. Kilimanjaro (Tanzania)
Kilimanjaro adalah gunung di timur laut Tanzania. Gunung ini adalah gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung. Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga disebut Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunung putih dalam bahasa Masai.

Kilimanjaro (Sumber: cloudfront.net)

Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo. Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru. Di tahun 2003, vulkanolog Jerman bernama Volker Lorenz memperkirakan magma cair terdapat di bawah permukaan kawah pada kedalaman 121,9 m (400 kaki).

3. Matterhorn (Swiss)
Matterhorn adalah sebuah gunung terpencil. Karena posisinya di daerah aliran sungai (DAS) Alpine utama dan tinggi yang hebat, Matterhorn menghadapi perubahan cuaca yang cepat. Selain curam wajah gunung dan lokasi terpencil yang membuatnya rentan terhadap pembentukan awan dengan udara yang mengalir di sekitar dan menciptakan pusaran, melakukan kondensasi udara.

Matterhorn (sumber: blogspot.com)

Matterhorn adalah salah satu puncak paling mematikan di Pegunungan Alpen dari 1865 – ketika pertama kali dinaiki – hingga 1995, 500 alpinists meninggal di atasnya. Matterhorn menjadi lambang dari Pegunungan Alpen pada umumnya. Sejak akhir abad kesembilan belas, ketika kereta api dibangun, menarik lebih banyak pengunjung dan pendaki. Setiap musim panas banyak pendaki gunung terampil mencoba untuk mendaki Matterhorn melalui jalur punggungan utara-timur Hörnli, rute yang paling sering dikunjungi menuju puncak. Gunung ini diberi nama dari kata Jerman yaitu Matte, yang berarti padang rumput, dan Horn, yang berarti puncak.

4. Yushan (Taiwan)
Yushan adalah gunung tertinggi di Taiwan. Di musim dingin, Yushan sering ditutup dengan salju tebal yang membuat seluruh puncak bersinar seperti batu giok stainless. Disekitar Gunung Yushan terdapat Yushan Range, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Yushan di Taiwan. Taman Nasional Yushan merupakan Taman Nasional terbesar, tertinggi dan dapat diakses di Taiwan. Padang gurun yang tersisa di Taiwan dan terbesar dan juga dinilai masih asli , mempunyai hutan dan keanekaragaman fauna, termasuk spesies endemik.

(Sumber: worldislandparadise.com,uniiknya.com)

Titik tertinggi dari kisaran Yushan, adalah 3.952 meter (12.966 kaki) di atas permukaan laut. Dengan pemandangan panorama, gunung dan bukit, lembah yang dalam dan terjal, Taman Nasional Yushan terkenal dengan pemandangan-nya, matahari terbit, matahari terbenam, fitur geologi, dan pemandangan awan dari atas. Yushan sendiri adalah titik pusat dari Taman Nasional. Yushan merupakan salah satu tempat favorit di kalangan pendaki gunung Taiwan. Para pendaki gunung internasional sering menggabungkan perjalanan ke Yushan bersama dengan perjalanan ke Gunung Kinabalu dan Gunung Fuji untuk membentuk sebuah Asia Trilogy hiking Puncak timur naik ke ketinggian 3.869 m (12.694 kaki) dan dianggap sebagai salah satu dari Sepuluh Taiwan Summits Mayor.

5. Gunung Table (Afrika Selatan)
Gunung Table adalah sebuah gunung terkemuka yang menghadap ke tenggara kota Cape Town di Afrika Selatan. Gunung ini adalah objek wisata yang sangat terkenal, dengan banyak pengunjung yang menggunakan cableway atau hiking ke atas puncaknya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Table. Bentuknya yang datar, disebabkan oleh proses erosi yang terjadi enam juta tahun lalu. Gunung Table adalah ikon Afrika Selatan, memiliki lebih dari 1.470 spesies bunga. Gunung Table menawarkan spesies langka dan banyak terancam punah. Puncak dari gunung ini mencapai 1.086 m di atas permukaan laut.

Gunung Table (Sumber: tropicalisland.de,uniknya.com)


Tambahan: 
Milford Sound
Milford Sound adalah sebuah tempat tujuan wisata paling terkenal di Selandia Baru, tempat wisata ini terletak di daerah Taman Nasional Fiordland dan Situs Warisan Dunia Te Wahipounamu. Milford Sound merupakan lereng gunung yang curam, yang dalam kondisi tertentu angin yang bertiup di tempat tersebut akan menimbulkan suara yang menderu.

Milford Sound (Sumber: i-needtoknow.com,uniknya.com)

Milford Sound membentang sepanjang 15 kilometer ke pedalaman dari Laut Tasman dan dikelilingi oleh batu-batuan setinggi 1.200 meter (3.900 kaki). Di antara puncak batu ada yang menyerupai kepala gajah setinggi 1.517 meter (4.977 kaki), dan singa setinggi 1.302 meter (4.272 kaki). Selain itu terdapat pula Hutan hujan Lush di antara tebing-tebing ini, sementara anjing laut, penguin, dan lumba-lumba serta ikan paus sering terlihat di sekitar tebing dan air terjun.(**)

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Oktober 2011

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Saya

Foto Saya
Ku Membuat Blog Ini Agar Bisa Bermanfaat Bagi Semua Orang.

Statistik

Sparkline 2768885
Sparkline 2768885
- See more at: http://fajar-rahadyan.blogspot.com/2013/04/cara-memperbanyak-pengunjung-blog.html#sthash.ybIQVC8w.dpuf

Categories

My Facebook

Benner Friends

Link Sahabat

Translators

Gan mau tukar Link? Copy/paste kode di bawah ini ke blog kamu Gan!

Tips & Tutorial

Join My Group

>

My Banner

Recommend on Google

iklan

Recommend on Google
Semua Ini Karena Allah SWT Dan. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Followers

Follow

Blog Archive

Weekly most viewed

- Copyright © 2013 Kamikaze Prime - Powered by Blogger - Original Template By Johanes Djogan - Design By Muh Syaifullah Mhfdz - Some Right Is Reserved -